BERBAGI DAN BERKOLABORASI DALAM MENSOSIALISASI PEMANFAATAN FITUR RUMAH BELAJAR

        Perkembangan teknologi informasi dan komunikasin (TIK) atau abad teknologi ini mendorong terjadinya perubahan dalam peran pendidik terhadap murid disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi begitu pesat sehingga menciptakan berbagai tantangan baru dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar untuk menjawab tantangan itu pihak kementerian pendidikan kebudayaan telah meluncurkan dan menyediakan portal yang yang efektif dan intraktif yang bisa digunakan guru-guru se nusantara dalam kegiatan pembelajaran yang tepat, adapun portal yang di sediahkan kementrian kebudayaan yaitu Portal Rumah Belajar yang telah menyediakan berbagai fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran dan semua orang bisa menggunakaan langsung dengan cara mengunjungi https://belajar.kemdikbud.go.id/.

Saya adalah satu peserta pembaTIK Level 4 dari 30 peserta dan kami menjadi Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021. Pada pembaTIK Level 4 ini kami sahabat rumah belajar diberi amanah untuk mensosialisasikan dan mengenalkan pemanfaatan portal rumah belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja sehingga portal rumah belajar bisa di kenal dan bisa di manfaatkan dalam dunia pendidikan dengan pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar yang bisa di gunakan dalam proses pembelajaran. Kegiaatan ini kami laksanakan pada Tanggal 22 Oktober s.d 11 November 2021.

Selama 4 hari pada Tanggal 29, 30 Oktober dan 1,2 November 2021 pukul 13.30 s.d 61.30 WIB setiap harinya. Kami Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Sumatera Selatan tahap awal ini kami mendapatkan bimbingan dari pihak Pusdatin dan tutor-tutor dari duta rumah belajar yang hebat berupa coaching Pembatik level 4 melalui via Google meet dan Group Whatsapp.

Hari Jum'at, 29 Oktober 2021 kegiatan dibuka langsung oleh pihak Pusdatin yaitu bapak Syaiful Anas dan langsung kami bergiliran perkenalan diri, selanjutnya kami mendapat materi Pembahasan Modul Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam pemanfaatan rumah belajar dari bapak Karnadi, Tips Produksi Vlog dari ibu Betty Marlina (Duta Ruma Belajar tahun 2019) dan tips membuat blog yang menarik dari bapak Ardius (Duta Rumah Belajar 2018), dan dilanjutkan diskusi dan penutupan.

Video Kegiatan selengkapnya bisa dilihat DISINI

 

Foto Kegiatan coaching tanggal 29 Oktober 2021

Hari Sabtu, 30 Oktober 2021 kegiatan coaching Pembatik level 4 kami mendapat materi Pembahasan Modul Publikasi Karya Tulis dalam Pemanfaatan Rumah Belajar dari bapak Karnadi dan ibu Ika Kurniawati. Selanjutnya kami dibagi keleompok 4 subtema tentang kearifan lokak provinsi sumatera selatan yaitu kebudayaan, pariwisata, perkebunan dan industri. Dan kebutulan saya masuk kelompok kebudayaan. Saya terinspirasi dengan kebudayaan yang saat ini sudah mulai pudar bahkan tidak dikenal lagi yaitu kebudayaan bekarang sebagai tema yang akan saya gunakan dalam kegiatan Pembatik level 4 ini.

Video Kegiatan selengkapknya bisa dilihat DISINI

Foto Kegiatan coaching tanggal 30 Oktober 2021

Hari Senin, 1 November 2021 kegiatan coaching Pembatik level 4 kami dari kelompok kebudayaan dan pariwisata akan mempresentasikan action plan yang akan kami lakukan selama kegiatan Pembatik level 4, dan akan mendapat saran-saran dan masukan dari tutor. Kebetulan kelompok kebudayaan itu kelompok saya mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan action plan yang akan dilakukan, dengan keadaan hari hujan dan mati lampu dan sinyal pun hilang nasib yang tidak begitu beruntung yang saya alami sebagai pendidik yang bertugas di daerah pelosok dikategorikan terpencil. Pada saat giliran saya akan mempresentasikan action plan  saya tidak lagi di room google meet disebabkan sinyal hilang, saya pun konfirmasi dengan tutor untuk melanjutkan besok untuk presentasi action plan saya. Video kegiatan kebetulan tidak ada.

Foto Kegiatan coaching tanggal 1 November 2021

Hari Selasa, 2 November 2021 kami melanjutkan presentasi action plan  yang giliran kelompok perkebunan dan industri. Setelah kelompok perkebunan dan industri mempresentasikan action plan  saya mencoba untuk memprenstasikan action plan saya dengan meminta bantuan dari tutor untuk share screen  dan nasib buruk juga kembali yang saya alami yaitu pada waktu saya mempresentasikan action plan  saya tiba-tiba saya terpental dari room google meet dan saya coba lagi masuk dan sempat beberapa kali mencoba-mencoba dan kahirnya bisa juga masuk dan acara pun sudah berganti dengan kegiatan quis. Begitulah nasib pendidik didaerah tertinggal yang sangat susah sinyal.

Video Kegiatan selengkapnya bisa dilihat DISINI.

    Foto Kegiatan coaching tanggal 2 November 2021

Pada pembatik level 4 ini yaitu tahap berbagi dan berkolaborasi. Jadi, kami sebagai sahabat rumah belajar di beri tugas untuk berbagi dengan mensosialisasikan pemanfaatan fitur rumah belajar yang di kembangkan oleh Pusdatin Kemdikbudristek. Sasaran sosialisasi adalah guru-guru/ komunitas guru  lintas sekolah dengan jumlah minimal 50 orang untuk tatap maya atau 25 orang untuk tatap muka (dapat memilih salah satu yang memungkinkan), dalam melaksanakan sosialisasi bole secara individu ataupun berkolaborasi dengan sahabat rumah belajar lainnya.

Hari Kamis, 4 November 2021 saya mensosialisasikan memanfaatkan portal rumah belajar dan fitur-fitur Rumah Belajar dan kebeutalan disekolah saya sendiri yaitu  SDN 8 Tanah Abang. Tahap awal saya berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang kegiatan dan mendapat respon yang baik dari kepala sekolah, dan saya mempersiapkan alat dan kebetulan saat pelaksanaan saya tidak sendirian saya bekolaborasi dengan salah satu sahabat rumah belajar yaitu ibu Mutia Rani DS, SE. kegiatan berjalan dengan lancar dengan protokol kesehatan dan mendapat respon baik dari guru dan tenaga pendidikan SDN 8 Tanah Abang dan kami langsung praktek cara penggunaan fitur-fitur rumah belajar. Peserta kegiataan di ikuti 19 orang peserta terdiri dari guru dan tenaga pendidik SDN 8 Tanah Abang.

Video kegiatan selengkapnya bisa di lihat DISINI.

Foto kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SDN 8 Tanah Abang
 

 Daftar hadir
kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SDN 8 Tanah Abang

Pada pagi Jum'at, 5 November 2021 saya mensosialisasi fitur-fitur portal rumah belajar kepada orang tua/ wali murid kebetulan pada hari itu sedang melakukan kegiatan sosialisasi Program Indonesia Pintar dan orang tua/ wali murid merespon baik dan bisa mengetahui kalau kegiatan pembelajaran itu tidak harus datang kelas ataupun datang kesekolah. Kegiatan berlangsung dengan tatap muka terbatas dari pukul 09.00 s.d 10.00 WIB untuk sesi pertama dan sesi kedua pada pukul 10.00 s.d 11.00 WIB. Kegiatan dihadiri 60 orang tua/ wali murid dan mendapat respon yang baik tentang portal rumah belajar.

Foto kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada orang tua/ wali murid
 
Daftar hadir kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar ke orang tua/wali murid
 
        Pada siang Jum'at, 5 November 2021 saya mensosialisasikan fitur-fitur portal rumah belajar secara online menggunakan chat aplikasi telegram, hal ini saya lakukan disebabkan untuk melaksanakan kegiatan sosialisai melaui virtual meeting tidak memungkin dikarenakan daerah tempat tugas saya susah mendapatkan sinyal dan hanya bisa melakukan chat, saya mensosialisasikan ke group telegram GURU SD KELAS 5 INDONSIA yang beranggotakan 9091 orang dan yang online saat kegiatan berlangsung 328 orang dan mendapat respon yang baik dari anggota group.

Barikut screenshoot kegiatan selengkapnya klik DISINI.

 


 

Screenshoot sosialisasi Fitur Rumah Belajar via chat telegram 

Hari Sabtu, 6 November 2021 saya mensosialisasikan portal rumah belajar ke SDN 6 Penukal, saya juga berkolaborasi dengan sehabat rumah belajar yaitu ibu Mutia Rani DS, SE. Tahap awal saya berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang kegiatan yang akan di laksanakan dan mendapat respon yang baik dari kepala sekolah untuk melakukan kegiatan sosialisasi. Pada tahap pelaksanaan guru-guru dan tenaga pendidik berantusias mengikuti sosialisasi dan langsung mempraktekan cara penggunaan fitur-fitur rumah belajar dengan cara langsung oleh kami sehabat rumah belajar. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dan dihadiri oleh 31 peserta dari guru-guru dan tenaga pendidik di SDN 6 Penukal kagiatan berlangsung dengan lancar mendapat respon yang baik dari peserta.

Video kegiatan selengkapnya klik DISINI.
 
Foto kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SDN 6 Penukal
 
Daftar hadir kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SDN 8 Tanah Abang

Hari Sabtu, 6 November 2021 Setelah melakukan kegiatan sosialisasi di SDN 6 Penukal, pukul 13.00.s.d 16.00 WIB saya bersama sahabat rumah belajar ibu Mutia Rani DS, SE melakukan kegiatan sosialisasi di SMPN 7 Penukal dan kebetulan SMPN 7 Penukal Masih menumpang di SDN 2 Penukal dan langsung saja kami melakukan kegiatan di  dua sekolah itu karena 2 Sekolah itu Kegiatan pembelajarannya pada sore hari, untuk guru-guru SDN 2 Penukal kurang lengkap sebab banyak guru yang masuk mengajar jam pagi dan yang masuk siang hanya beberapa kelas saja dan kami menitip pesan untuk disampaikan kepada guru yang lain pada SDN 2 Penukal tentang kegiatan sosialisasi. Pada Kegiatan Sosialisasi kami gabungkan jadi satu kegiatan yang pesertanya guru, tenaga pendidik dan siswa-siswi SMPN 7 serta guru SDN 2 Penukal. Pada tahap awal kami berkoordinasi ke kepala sekolah dan mendapat respon yang baik untuk melakukan sosialisasi. Kegiatan berlangsung di ikuti peserta dengan antusias dan langsung di bimbing untuk mempraktekkan pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar. Peserta juga ada yang bertanya tentang cara penggunaan fitur-fitur rumah belajar dan kami respon baik dan diberi penjelasan.
 
Video kegiatan  selengkapnya bisa di lihat DISINI.
 

Foto kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SMPN 7 Penukal dan SDN 2 Penukal
 
 
Daftar hadir kegiatan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar pada SMPN 7 Penukal dan SDN 2 Penukal

Selain tugas blog kami peserta pembatik level 4 di beri tugas membuat vlog pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur rumah belajar. Konten vlog berupa praktik baik inovasi pembelajaran kolaboratif yang mengintegrasikan pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar dan atau layanan Pusdatin di era kenormalan baru.

Pada tanggal 8 November 2021 saya melakukan kegiatan pembelajaran dan tak lupa pengambilan dokumentasi untuk pembuatan vlog sebagai salah satu tugas pembatik level 4. Dalam melakukan kegiatan di laksanakan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan pada kelas 5 SDN 8 Tanah Abang. Materi yang saya ajarkan tentang jenis-jenis usaha masyarakat yang saya kaitan dengan kearifan lokal Sumatera Selatan yaitu kebudayaan Bekarang. Proses kegiatan pembelajaran ini tahap awal saya mempersiapkan alat dan media pembelajaran yang saya gunakan, seperti laptop, LCD proyektor, dan Speaker aktif serta saya mendownload video di laman sumber belajar video tentang jenis-jenis usaha masyarakat, video kerajinan anyaman, dan video pencemaran lingkungan. Pada saat kegiatan pembelajaran beralangsung saya menjelaskan materi tentang jenis-jenis usaha masyarakat dan langung mengaitkan dengan sub teman karifan lokal provinsi sumatera selatan. Peserta didik memperhatikan video yang saya download dari halaman sumber belajar, selanjutnya peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran. Setelah itu saya memberikan tanggapan atas pertanyaan peserta didik, langkah akhir saya melakukan tindak lanjut berupa evaluasi bentuk soal untuk mengukur sejauh mana penguasaan materi peserta didik atas materi yang telah di pelajari. Pada saat proses kegiatan berlangsung saya tidak lupa mengambil dokumentasi berupa foto dan video.
 
Vlog selengkapnya bisa dilihat DISINI.
 


Foto kegiatan Pembelajaran dengan memanfaatkan Fitur Rumah Belajar pada Kelas 5 SDN 8 Tanah Abang
 
Demikianlah serangkaian kegiatan dalam pembaTIK level 4 dalam berbagi dan berkolaborasi. Alhamdullilah semua tahapan mulai dari coaching, mensosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar, dan pembuatan vlog dari kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan fitur rumah belajar, dan pembuatan blog, semua terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan kreteria. Akhir kata mohon maaf atas segala kekurangan, saran dan masukan sangat di harapkan demi berkembangkan pontensi diri dalam dunia pendidikan.Wassalamualaikum Wr.Wb....

Salam Rumah Belajar
Belajar Dimana Saja
Kapan Saja 
Dengan Siapa Saja

AAN WIJAYA, S.Pd.
SAHABAT RUMAH BELAJAR
Provinsi Sumatera Selatan
Tahun 2021
 

Komentar

  1. Inspiratif pak, sukses menjadi ASN pendidik milenial yg inovatif dan kreatif😉

    BalasHapus
  2. Guru muda keratif merupakn aset bangsa, gass pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR FREKUENSI SIARAN SATELLIT PALAPA D/C2 DAN SETELLIT TELKOM